Akufuntur Dapat Menyembuhkan Nyeri Kronis

Teknik pengobatan akupuntur sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu di China. Tapi penggunaan akupuntur masih dikesampingkan dalam dunia medis meski pengobatan ini diketahui mampu meredakan nyeri serta mengurangi gejala-gejala akibat kondisi tertentu seperti mual akibat kemoterapi atau insomnia.
Hal ini mendorong munculnya sebuah review yang akhirnya membuktikan bahwa akupuntur memang bisa membantu meredakan nyeri sakit kepala, sakit punggung dan arthritis kronis.
Sebelumnya banyak pakar yang percaya bahwa ‘kekuatan’ dari akupuntur hanya terletak pada efek psikologis atau plasebonya. Sebagian dokter mengaku takkan menawarkannya pada pasien meskipun mungkin pengobatan ini akan membuat kondisi pasien menjadi lebih baik.
Setelah mengamati 29 studi yang melibatkan 18.000 orang dewasa, peneliti menyimpulkan bahwa teknik pengobatan dengan menggunakan jarum itu dapat bekerja lebih baik daripada pereda nyeri biasa.
Hasil review yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Internal Medicine ini pun diklaim lebih akurat daripada sebagian besar studi tentang akupuntur yang hanya didasarkan pada polling karena peneliti mengumpulkan data asli dari setiap studi.
Akupuntur itu relatif aman dan kalaupun ketidakpastian tentang cara kerjanya masih diragukan seharusnya hal itu tidak menghalangi para dokter untuk menawarkan akupuntur sebagai salah satu opsi pengobatan bagi pasien yang berjuang melawan nyeri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Reny Noviyanti11

This Is My WordPress.com

%d bloggers like this: